nusa penida

Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun asing Namun, tahukah kalian tentang Nusa Penida? Atau hanya mengenal Nusa Penida soal wisatanya saja?

Dilansir dari salah satu website standwithtanisha Nusa Penida, nusapenida.klungkungkab.go.id, BaliPopuler kembali merangkum tentang Nusa Penida yang ternyata menjadi gugusan kecil dalam Pemerintahan Provinsi Bali.

Nusa Penida memang berada dalam satu Pemerintahan Provinsi Bali, namun letaknya berada di luar Pulau Bali. Masuk dalam Pemerintah Kabupaten Klungkung, Pulau Nusa Penida mahjong ways 2 menjadi salah satu lokasi yang kini banyak digemari wisatawan lokal maupun asing.

Terdiri dari tiga pulau yakni Nusa Penida sebagai pulau terbesar, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan dan disekitarnya ada beberapa pulau-pulau kecil yang masih tergabung dalam tiga territorial tersebut. Meskipun berada di luar Pulau Bali, namun secara administratif kepulauan tersebut masuk dalam satu kecamatan Nusa Penida.

Sehingga dalam hal ini, Kabupaten Klungkung menjadi satu-satunya pemerintahan daerah di Bali yang memiliki administratif di luar Pulau Bali.

Mengenai luasnya, ketiga pulau itu yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan hanya memiliki luas wilayah 210 kilometer persegi atau dua pertiga dari luas Slot777 Online wilayah Kabupaten Klungkung daratan atau berada di Pulau Bali.

Nusa Penida, tidak hanya sekedar pulau tapi mereka punya banyak Desa Dinas dan Desa Adat dalam membangun administratifnya disana. Setidaknya ada 16 Desa Dinas dan 48 Desa Adat yang ada di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Beberapa nama Desa yang terkenal disana yakni Desa Batununggul, Desa Batukandik, Desa Batumadeg, Desa Bungamekar, Desa Jungutbatu, Desa Klumpu, Desa Kutampi, Desa Kutampi Kaler, Desa Lembongan, Desa Ped, Desa Pejukutan, Kampung Toyapakeh, Desa Tangled dan lainnya.

Nusa Penida juga memiliki julukan yakni The Blue Paradise Island atau Pulau Suga Biru yang menghadirkan keindahan alamnya bagi pelancong. Tak hanya keindahan alam di daratnya, tapi juga keindahan bawah lautnya. Di Nusa Penida juga menjadi salah satu tempat bagi Umat Hindu untuk menjalani pariwisata spiritual.

By admin6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *