Sepak takraw merupakan olahraga yang kondang bagi penduduk Indonesia. Pasalnya, olahraga ini sanggup dimainkan oleh segala usia, dari anak-anak hingga orang tua. Di segi lain, kepopuleran olahraga sepak takraw tidak cuma ada di penduduk Indonesia saja, namun di negara-negara Asia Tenggara lain, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Fililina, dan Laos. Olahraga sepak takraw dimainkan oleh dua tim, di mana masing-masing tim terdiri dari tiga orang.

Adapun cara memainkan olahraga ini yaitu bersama dengan menyepak bola melewati net dan juga bola tidak boleh menyentuh tanah. Olahraga sepak takraw mengfungsikan https://www.andinismoperustore.com/ bola yang terbuat dari rotan dan cuma boleh dimainkan mengfungsikan kaki, lutut, dada, dan kepala. Sebagai informasi, sepak takraw merupakan style olahraga perpaduan dari permainan sepak bola, bola voli, dan bulu tangkis. Pada dasarnya, sepak takraw merupakan cabang olahraga permainan bola besar.

Itulah sedikit uraian secara umum berkenaan olahraga sepak takraw. Setelah sadar pengertian dari sepak takraw, anda wajib mempelajari terhitung sejarahnya. Berikut ini ikhtisar berkenaan pengertian beserta peristiwa olahraga sepak takraw, yang menarik diketahui, dilansir dari laman Olahraganesia dan Satujam.

Sejarah Sepak Takraw secara Umum

Sepak takraw merupakan permainan yang berasal dari zaman kesultanan Melayu pada 634-713 M. Menurut sejarah, sepak takraw muncul kali pertama pada abad ke-15. Di jaman itu olahraga sepak takraw tergolong eksklusif dikarenakan para pemainnya semata-mata orang-orang yang berada di istana Kerajaan Melayu.

Kala itu olahraga ini dikenal bersama dengan arti “sepak raga” atau “sepak rago” dalam bhs Melayu, sebelum kelanjutannya bernama sepak takraw pada 1940-an. Pemberian nama olahraga “sepak takraw” muncul sehabis ada kesepakatan dari negara Malaysia dan Thailand. Sebab, penamaan olahraga sepak takraw berasal dari bhs Melayu dan terhitung bhs Thailand.

Kata “sepak” yang berasal dari Melayu memiliki kandungan makna menendang. Sedangkan kata “takraw” berasal dari bhs Thailand, yang bermakna sebuah bola yang terbuat dari anyaman rotan. Pada dasarnya, sepak takraw merupakan olahraga tradisional penduduk asli Melayu.

Pada 1980-an merupakan awal mula sepak takraw jadi kondang di Asia. Pada 1982 terbentuk Asian Sepak Takraw Federation (ASTAF). Induk organisasi berikut jadi awal terbentuknya federasi sepak takraw di kawasan Asia.

Sejarah Sepak Takraw di Indonesia

Olahraga sepak takraw jadi masuk ke Indonesia lebih kurang th. 1970. Malaysia dan Singapura adalah negara yang membawanya ke Tanah Air. Saat itu Malaysia singgah lebih kurang September 1970, di bawah pimpinan Encik Khir Johari. Demonstrasi permainan sepak takraw berlangsung di beberapa kota, seperti Medan, Bandung, dan Jakarta.

Mereka menghendaki rakyat bersedia ikut dan juga untuk ikut bermain dikarenakan udah banyak orang yang memainkan sepak takraw di sejumlah tempat Indonesia. Bulan berikutnya, tepatnya pada 5 Oktober 1970, berlangsung sebuah pertemuan di Cipayung, Bogor. Dari pertemuan itu, Direktur Jenderal Pendidikan dan Pemuda menambahkan perintah bahwa olahraga sepak takraw di Indonesia wajib pengembangan lebih lanjut.

Setelah itu, sepak takraw jadi berkembang pesat di Indonesia hingga terbentuk induk organisasi khusus. Induk organisasi berikut bernama Perserasi (Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia) yang terbentuk pada 1971.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *