Sejarah Newcastle United Dari Awal Hingga Kini

Newcastle United Football Club adalah klub sepak bola yang berbasis di Newcastle upon Tyne, Inggris, dan memiliki sejarah yang panjang dan beragam. Berikut adalah ringkasan sejarah Newcastle United dari awal hingga kini:

  1. Pendirian Klub: Newcastle United didirikan pada tahun 1892 setelah gabungan antara dua klub lokal, Newcastle East End dan Newcastle West End. Klub ini menjadi anggota pendiri Liga Sepak Bola pada tahun 1892.
  2. Era Awal: Newcastle United mengalami kesuksesan awal dengan meraih gelar Liga Sepak Bola Inggris (sekarang Premier League) pada tahun 1905, 1907, dan 1909 di bawah manajer perintisnya, Frank Watt. Mereka juga meraih Piala FA pada tahun 1910 dan 1924.
  3. Era Kejayaan: Periode 1950-an dan awal 1960-an dianggap sebagai era keemasan Newcastle United. Di bawah manajer Joe Harvey, klub ini meraih gelar Liga Sepak Bola Inggris pada tahun 1952 dan 1955, serta Piala FA pada tahun 1951 dan 1952.
  4. Prestasi di Eropa: Newcastle United juga memiliki sejarah di kompetisi Eropa. Mereka mencapai final Piala UEFA (sekarang Liga Europa UEFA) pada tahun 1969, tetapi kalah dari Ujpest FC dari Hungaria.
  5. Tahun-tahun Terganggu: Setelah era kejayaan, Newcastle United mengalami masa-masa sulit dengan penurunan performa dan masalah keuangan. Mereka beberapa kali terdegradasi ke divisi yang lebih rendah sepanjang tahun 1970-an hingga 1990-an.
  6. Kembalinya Kejayaan: Pada awal tahun 2000-an, Newcastle United mengalami kebangkitan dengan masuknya pemilik baru dan manajer yang sukses seperti Bobby Robson dan Alan Pardew. Mereka mencapai posisi tertinggi ketiga dalam Liga Premier pada musim 2002-2003.
  7. Tren yang Berfluktuasi: Sejak awal 2000-an, Newcastle United mengalami tren yang berfluktuasi di Liga Premier, dengan beberapa situs sugar rush slot musim yang sukses dan juga beberapa musim yang sulit yang menyebabkan degradasi ke Championship (divisi kedua Inggris) pada beberapa kesempatan.
  8. Stadion dan Pendukung: St James’ Park adalah stadion kandang legendaris Newcastle United sejak tahun 1892. Klub ini memiliki basis pendukung yang besar dan fanatik, yang dikenal sebagai “The Toon Army”.
  9. Kepemilikan Saat Ini: Saat ini, Newcastle United dimiliki oleh konsorsium Saudi yang dipimpin oleh Pangeran Mohammed bin Salman setelah akuisisi klub pada tahun 2021.

Newcastle United adalah salah satu klub yang memiliki basis pendukung yang kuat dan sejarah yang kaya dalam sepak bola Inggris. Meskipun mengalami masa-masa sulit, klub ini tetap menjadi salah satu klub yang dihormati dan dicintai di Inggris dan di seluruh dunia.

By admin2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *